Selasa, 04 September 2007

Contoh teknologi dalam keseharian, serta sejarahnya...

(wah,,jadi belajar sejarah lagi nih..^_^)

Di sini saya mencoba membahas sedikit mengenai sejarah televisi,, bacaan ini diadaptasi dari Encarta

Di tahun 1873 seorang ilmuwan James Clerk Maxwell memprediksikan keberadaan dari gelombang elektromagnetik yang membuat siaran2 televisi dapat dikirim. Pada 1873 seorang ilmuwan Inggris, Willoughby Smith dan asistennya Joseph May, memperhatikan bahwa konduktivitas elektrik dari elemen selenium berubah ketika cahaya jatuh padanya. Sifat ini, dikenal sebagai fotokonduktivitas, digunakan dalam tabung vidicon pada televisi. Pada 1888 seorang fisikawan Jerman Wilhelm Hallwachs menemukan bahwa beberapa substansi memancarkan elektron ketika disinari. Efek ini dinamakan fotoemisi, yang digunakan dalam tabung image-orticon pada televisi.

Meskipun beberapa metode pengubahan cahaya menjadi arus listrik ditemukan, namun cukup lama metode2 tersebut diaplikasikan dalam konstruksi sistem televisi. Masalah utamanya adalah arus yang dihasilkan lemah dan belum ada metode memperkerasnya. Lalu, pada 1906, seorang insinyur Amerika Lee De Forest mematenkan triode vacuum tube. Sekitar 1920 tabung ini sudah dikembangkan sampai pada tujuan di mana itu bisa digunakan untuk memperkeras arus listrik untuk televisi.

Televisi rumah pertama didemonstrasikan di Schenectady, New York, pada 13 Januari 1928 oleh seorang penemu berkebangsaan Amerika Ernst F.W. Alexanderson (wah,,dekat Sumpah pemuda nih…^^). Gambar yang dihasilkan pada layar 3inch sangat jelek dan stabil, tapi perangkat ini dapat digunakan di rumah. Sejumlah televisi rumah ini diproduksi oleh General Electric Company (GE) dan didistribusikan di Schenectady. Pada 10 May 1928 Stasiun televisi pertama, WGY, memulai siaran di area ini.

Tidak ada komentar: